VGA Workstation vs Gaming (2)

Posted: February 6, 2009 in Komputer

ati-nvidia

Setelah sekian lama tertunda, akhirnya saya sempatkan menulis. Sebelumnya saya ingin memberitahukan bahwa data benchmark ini saya ambil dari xbitlabs, website yang sering saya buka untuk melihat benchmark hardware-hardware komputer.  Sebelum melangkah lebih jauh di bawah ini ringkasan spesifikasi PC yang digunakan dan tabel spesifikasi teknis dari VGA yang di uji.

CPU: Intel Core 2 Extreme QX9770 (LGA775, 3.2GHz, 1600MHz FSB, 12MB L2, Penryn).
Mainboard: ASUS P5E3 Deluxe (LGA775, Intel X38, DDR3).
Memory: 4096MB DDR3-1600 SDRAM (Corsair Dominator TW3X4G1800C8DF G, 2 x 2048MB,
8-8-8-24);
Graphics cards:
ATI FireGL V8600;
ATI FireGL V7600;
ATI FireGL V5600;
ATI FireGL V3600;
NVIDIA GeForce 9800 GTX;
NVIDIA Quadro FX 570;
NVIDIA Quadro FX 1700;
NVIDIA Quadro FX 3700.
HDD: Western Digital WD1500AHFD.
PSU: SilverStone SST-ST85ZF (850W).
Monitor: Samsung SyncMaster 245B.
OS: Windows XP Professional x64 Edition SP2.
Drivers:
AMD FireGL Driver Version 8.453.1 for Windows XP Professional x64 Edition;
NVIDIA Quadro Professional Driver Version 175.51;
NVIDIA Forceware Graphics Driver Version 175.16;
NVIDIA MAXtreme 2008 D3D Version 10.00.03.

spec-workstation

Seperti benchmark untuk VGA workstation lainnya, tes yang dilakukan menggunakan software SPECviewperf10. Walaupun pengetesan dengan cara seperti ini merupakan pengetesan sintetis (bukan dengan software aslinya) namun memberikan hasil yang cukup representatif pada platform OpenGL.

123

Hasil yang didapatkan sangat bervariasi. Tidak ada video grafis yang unggul di semua tes, tapi memberikan kesimpulan bahwa VGA workstation bekerja optimal pada aplikasi 3d dan sebaliknya level teratas VGA gaming, GeForce9800GTX, berada jauh di bawah bahkan di bawah seri terendah dari VGA workstation.

Satu lagi tes yang dilakukan. Dengan feature yang terdapat pada SPECviewperf yaitu mengetahui performa dengan adanya perubahan anti-aliasing. Anti aliasing ini sangat dibutuhkan terutama bagi para designer dan animator untuk memberikan hasil grafis yang dahsyat. Berikut hasil tesnya.

678910111213

Dari grafik-grafik hasil tes menggunakan SPECviewperf tersebut dapat dilihat bahwa aplikasi 3D yang dipakai juga berpengaruh terhadap performa dari VGA yang digunakan. Dapat dilihat diatas bahwa untuk Catia dan Pro-E vendor nvidia selalu unggul, sebaliknya untuk 3dsmax, ensight, maya, solidworks, dan unigraphix vendor amd-ati lebih unggul.  Namun, jika dilihat dari hasil tes antialiasing terlihat bahwa VGA keluaran geforce mampu memberikan hasil hingga ke level tertinggi, FSAA 16x. Hal ini tentunya menguntungkan para developer gamer, animator, produsen film dan designer dalam menghasilkan sebuah model yang sangat realistis. Tak dapat dipungkiri dunia 3d kini bukan hanya digemari oleh kalangan tertentu saja, banyak film-film hollywood seperti Transformer, Beowulf dll memberikan tayangan 3D yang sangat menakjubkan. Hasil tes diatas jangan selalu dijadikan patokan dalam menentukan kartu grafis mana yang akan anda pakai, karena tes diatas bukan menggunakan software 3d sesungguhnya hanya merupakan tes sintetis dari SPECviewperf untuk merepresentasikan software-software 3d yang sering di pakai. Mungkin, hal ini dikarenakan mahalnya harga software-software 3d tersebut. Jika anda ingin melihat bagaimana performa sesungguhnya dari sebuah kartu grafis workstation atau kartu grafis apa yang cocok untuk aplikasi 3d yang anda pakai, anda bisa merefer ke masing-masing develepor aplikasi 3d tersebut. Dari website xbitlabs yang saya jadikan acuan ini hanya diberikan 2 tes untuk aplikasi 3d, autocad dan 3dsmax keduanya merupakan produk autodesk…. tunggu postingan selanjutnya yah..

Comments
  1. abdul latif says:

    tidak adil kalo cuma menampilkan dari sisi workstation, memang judulnya untuk itu, tapi bila dilihat dari review secara keseluruhan dari
    http://www.notebookcheck.net/Mobile-Graphics-Cards-Benchmark-List.844.0.html

  2. abdul latif says:

    sambungan atas.

    posisi vga workstation malah dibawah.
    yang jadi pertanyaan agar tetap no. wahd disegala lini untuk vga workstation.

    Bisakah VGA Workstation dikawinin melalui SLI

    • fauzanahmad says:

      jelas posisinya dibawah, karena dari list tersebut benchmarknya adalah 3dmark… yang jelas2 3dmark adalah benchmark untuk gaming bukan untuk aplikasi 3D.
      Kalau benchmarknya aplikasi 3D saya 100% yakin VGA terbaik dari kelas gaming akan kalah oleh mid levelnya kelas Workstation… Itulah mengapa para vendor membedakan kedua jenis VGA ini. Di threat ini saya coba menampilkan contoh dari hasil benchmark untuk aplikasi 3D, karena jarang sekali website yang membahahas benchmark dengan aplikasi 3D.

      Jwaban dari pertanyaan anda adalah tidak mungkin VGA workstation ataupun VGA gaming menjadi no.wahid di segala lini, karena masing2 mempunyai peruntukkannya sendiri. Workstation u/ aplikasi 3D, VGA gaming yaaah u/ gaming… gak mungkin di satuin karena dari API platformnya saja udah beda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s